Menikmati Derawan hanya 2D1N (p.1)

Sudah ada yang tau Derawan?

Derawan adalah suatu kepulauan  yang masuk kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Terdapat beberapa pulau eksotis yang dapat dijadikan tempat wisata, seperti Pulau Derawan, Sangalaki, Maratua atau Kakaban. Derawan sendiri mulai dikenal publik saat adanya Festival Derawan tahun 2013 sekitar bulan September-Oktober. Acara ini sempat disiarkan di beberapa stasiun televisi.

Alhamdulillaah saya dan teman-teman berkesempatan mengunjungi Derawan saat magang di Kalimantan, yang pernah saya ceritakan di blog Magang di Luar Jawa (p.2).

Kebetulan kami kesana pada tahun yang sama yaitu 2013, hanya beda 1-2 bulan sebelum Festival Derawan dimulai, sehingga disana masih sepi dan harga masih terjangkau. Hehehe. Oia saya pernah posting ini di detiktravel juga loh, Kecantikan Derawan.

Saat mengunjungi Derawan, biasanya pihak penginapan sudah menyediakan paket liburan lengkap yang termasuk penginapan, makan, snorkeling, transportasi ke pulau-pulau, termasuk speed boat PP. Saya lupa harga pastinya berapa untuk total paket tersebut selama 2D1N, karena kami berjumlah 5 orang jadi biaya keseluruhan per-orang adalah IDR 750rb (sudah termasuk sewa mobil ke pelabuhan PP) dengan start point sudah di Berau.

Tapi jika kamu berangkat dari Jakarta dapat ditempuh dengan pesawat tujuan ke Balikpapan atau Tarakan. Perbedaannya adalah :

Perjalanan dari Jakarta – Derawan via Balikpapan

  • Dari Balikpapan dilanjutkan dengan pesawat lagi menuju Bandara Kalimarau, Tanjung Redeb. Lalu dari bandara tersebut dilanjutkan perjalanan sekitar 3 jam menuju pelabuhan Tanjung Batu menggunakan sewa mobil sejenis avanza (+- IDR 750rb PP, Bandara – Pelabuhan – Bandara). Sewa mobil ini biasanya disewa dengan harga Pulang-Pergi, artinya pada saat pulang nanti juga dijemput dengan mobil yang sama. Semakin banyak jumlah orang maka semakin murah biaya yang akan dikeluarkan. (kalau ada yang mabok perjalanan, disarankan membawa obat anti mabok ya, karena medan perjalanannya cukup membuat kamu terombang-ambing seperti di kapal. Saya aja minum obat anti mabok biar bisa tiduuuur. Hahahahaha)

    IMG-20130712-02398
    Bandar Udara Kalimarau, Tanjung Redeb
  • Tiba di Pelabuhan Tanjung Batu, kebetulan kami sudah menyewakan 1 speed boat untuk ber-6 (termasuk driver) dan sudah standby di pelabuhan. Sangat dianjurkan untuk dapat memesan speed boat setidaknya H-1, karena belum tentu ada speed boat yang standby untuk tujuan Derawan. Terkadang ada speed boat yang tersedia digunakan untuk mengantarkan bahan makanan dan beberapa warga yang ingin menyebrang, kadang ada juga yang bawa motor. Jadi siap-siap tidak dapat tempat untuk menumpang ya.
  • Perjalanan menggunakan speed boat memakan waktu hanya 30 menit. Perjalanan terasa sebentar karena lautnya sendiri sudah cukup memanjakan mata, serta banyaknya ikan terbang yang melompat-lompat 🙂
  • Jadi perjalanan dari Jakarta – Derawan via Balikpapan sekali jalan dapat dirangkum menjadi :
    • Pesawat Jakarta – Balikpapan – Berau = estimasi tiket +- 1 – 1,5 juta Rupiah.
    • Mobil dari Bandara – Pelabuhan Tanjung Batu = +- 750rb Rupiah/mobil PP.
    • Pelabuhan Tanjung Batu – Derawan = (sudah termasuk dalam paket, kalau beli terpisah biasanya cukup mahal, karena harga bensin di Kalimantan Timur cukup tinggi).

Perjalanan dari Jakarta – Derawan via Tarakan

Untuk informasi via Tarakan, saya kurang lengkap infonya, jadi maaf yaa hanya sekilas saja 😦

  • Dari Jakarta menggunakan pesawat tujuan Tarakan. Lalu dari bandara Tarakan menuju pelabuhan setau saya tidak jauh.
  • Kemudian dari pelabuhan tersebut menuju Derawan info yang saya dapatkan dapat memakan waktu hingga 3 – 4 jam, cukup lama juga ya…

Tiba di Derawan

Perjalanan kami sendiri sudah dimulai pukul 6 pagi, untuk berangkat ke Pelabuhan. Tiba di Derawan sekitar pukul 10 – 11 siang. Alhamdulillaah cuaca sangat mendukung, cerah dengan matahari yang bersahabat. Disambut dengan air laut yang sangaaaaaaaat jernih.  Jadi jika ingin menginap di kepulauan ini pilihannya hanya Pulau Derawan dengan banyak guest house, atau Pulau Maratua jika ingin menginap di resort.

Penginapan kami cukup sederhana namun sangat nyaman, tepat berada diatas laut. Ternyata penginapan kami adalah milik orang ber-kewarganegaraan Perancis yang disewakan untuk public. Jadi Derawan ini sudah mulai lebih dulu dikenal oleh orang asing sebelum orang Indonesia sendiri ya. Saat kami tiba pun, tamu yang hanya orang Indonesia hanyalah kami saja. Saat itu terdapat para tamu lain yang merupakan turis dari Belanda, Korea, China dan beberapa negara Eropa.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Tiba di Penginapan

Masyarakat disini sangat menjaga kebersihan lautnya, jadi jangan heran akan terlihat bintang laut tepat dibawah tangga penginapan hehehe :D. Setelah kami ber-beres-beres sebentar, kami langsung bersiap untuk snorkeling dan mengunjungi pulau Kakaban, Maratua dan Sangalaki. Alat snorkeling sudah disiapkan oleh pemandu kami namanya Bang Icuk, dia sendiri merupakan Diver professional.

IMG-20130721-02490
Alat Snorkling dengan kualitas yang oke

Setelah persiapan selesai, kami berangkat ke destinasi pertama kami yaitu pulau Kakaban, dengan menggunakan speed boat yang lebih besar dari sebelumnya.

Untuk petualangan kami di Derawan, akan dilanjutkan di part 2 ya :):):)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s