“Hijrah Tempat Tinggal / Pekerjaan”

Hijrah mungkin terdengar asing bagi sebagian orang. Hijrah pada dasarnya memiliki arti berpindah menuju tempat lebih baik. Menurut Dosen Institut Perguruan Tinggi Ilmu Quran (PTIQ) Jakarta, Dr Nur Rofiah, Bil. Uzm. menjelaskan hijrah adalah berpindah dari keadaan yang semula buruk menjadi keadaan yang baik, dari kondisi yang sudah baik menjadi kondisi yang lebih baik. Bisa hijrah mengenai kepribadian rohani diri/hati, ataupun hijrah tempat tinggal/pekerjaan untuk kehidupan yang lebih baik.

Banyak orang yang saya kenal akan dan telah melakukan hijrah, dan saya sendiri telah melakukannya, yaitu hijrah tempat kerja ya.

Tahun 2016, saya harus ambil keputusan yang cukup berat dengan meninggalkan pekerjaan saya di Kalimantan dan pindah ke Jakarta dengan keadaan saat itu belum dapat kerjaan yang baru. Dimana kerjaan saya di Kalimantan sudah bisa dibilang cukup mumpuni dengan angka dan status yang permanen dan fasilitas sangat baik. Saya harus berani ambil keputusan ini karena untuk membahagiakan orangtua saya yang meminta saya kembali ke rumah sebelum memulai pernikahan. Awalnya cukup berat buat saya karena disaat mulai mewujudkan mimpi saya, saya harus merelakannya. Tapi saya sendiri sadar, saya gak boleh terbawa suasana itu. Saya cuma bisa meyakini diri saya sendiri bahwa keputusan yang saya ambil adalah baik, saya hijrah untuk kehidupan yang lebih baik, apalagi untuk orangtua saya. Saya cuma bisa berdoa dan yakin kalau Allaah pasti memberikan jalan yang terbaik juga.

Menjelang kepulangan saya ke rumah, Alhamdulillaah saya merasakan apresiasi dari rekan-rekan kerja di Kalimantan, dan komunikasi masih terjalin cukup baik dengan atasan-atasan saya disana. Saya sempat menganggur selama 2 bulan di Jakarta, dimana kesabaran dan mental saya diuji kembali. Alhamdulillaah saya dapat kerjaan lagi di perusahaan yang cukup ternama, walau berbeda dengan yang saya dapat di Kalimantan, tapi ini sudah lebih dari cukup dan perlahan saya membangun pengalaman karir saya kembali.

Guide-to-moving-abroad

Hijrah tempat tinggal dan pekerjaan juga dialami oleh sepupu dan sahabat saya sendiri. Tahun 2018 ini, saya harus berpisah dengan kakak sepupu yang sangat dekat dan sahabat saya untuk kepindahannya ke luarnegeri. Yah, disitu saya flashback kembali pada pengalaman saya dulu. Mereka memiliki tujuan yang baik, selain untuk kehidupan pribadi, juga untuk keluarga tercinta mereka. Mereka harus memperjuangkan kehidupan nyaman mereka di Indonesia, dengan memulai lagi dari “zero”.

Sepupu saya merelakan pekerjaan dan tempat tinggal beserta isinya di Indonesia untuk start new life in Canada membawa serta 2 anaknya. Sebagai imigran yang belum mempunyai pekerjaan, tentunya kehawatiran pasti terus ada. Tapi demi kehidupan keluarga, pendidikan anak-anak, dan masa depan yang lebih baik, mereka berjuang bersama membangun kehidupan baru disana.

Sahabat saya yang lebih dari 18 tahun, harus rela meninggalkan keluarga dan kehidupannya di Indonesia untuk dapat bekerja membiayai dan membahagiakan keluarganya disini. Saya pun sedih tapi bangga juga karena dia berani mengambil keputusan ini apalagi untuk tujuan yang baik.

Tentu beberapa orang berpikir “wah hebat ya bisa ke luarnegeri” atau “mau dong kerja dekat rumah”. Tapi beberapa orang tidak melihat gimana perjuangan lahir batin-nya mereka termasuk saya sendiri untuk memulai semua itu, berani untuk mengambil keputusan yang pastinya itu sangat menguras pikiran kita.

“bagaimana ya pas gw disana nanti”

“gw bisa tinggal dimana ya?”

“kerjaan gw kalau gak sebagus disini gimana dong?!”

“adaptasi lagi deh, haduh !”

“enak gak ya nanti”

“susah gak ya, bakal tenang gak ya jauh dari keluarga”

Belum lagi dengan berbagai persepsi orang-orang sekitar kita yang kadang suka ngeselin ya, kayak “sok tau” gitu, atau suka nyiyir. Hahaha

1_0

Banyak mungkin diluar sana yang juga merasakan pahit-manis, suka-dukanya hijrah tempat. Kita harus bisa keluar dari “comfort zone” kita selama ini. pastinya ada dan banyak yang harus kita relakan-korbankan. Tapi terlepas dari itu semua, selama kita hijrah ke tempat dan punya tujuan yang lebih baik, selalu berusaha,  berdoa dan percaya akan kehidupan lebih baik depan mata, insyaAllaah hasil yang kita raih tidak akan pernah menghianati segala pengorbanan dan usaha kita.

Sepupu dan sahabat saya telah mendapatkan pekerjaan dan tempat tinggal untuk dapat berkembang disana, saya seneng banget dengernya. Disaat ada teman ataupun saudara kalian yang berniat akan hijrah, dukunglah dan semangati serta doakan mereka. Karena kebaikan-kebaikan doa tersebut akan berbalik kepada yang mendoakan 🙂

 

Jadi ada gak pengalaman kalian hijrah tempat juga ? 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s