My Daily Skin Care

Hai hai !

Akhirnya saya posting juga untuk bagian ini.

Menjaga kualitas kulit muka merupakan asset penting, karena efeknya akan terlihat menjelang 20 – 30 tahun kemudian apakah kulit kita masih terlihat sehat, cantik dan tentunya awet muda.

Sebelumnya saya sudah menjelaskan bagaimana memilih produk skin care sesuai kebutuhan kulit kita dan produk apa yang saya beli sebagai pemula. Sekali lagi, produk ini saya beli karena cocok di kulit muka saya dan sampai sejauh ini belum ada keluhan yang berarti. Jadi gunakan produk yang sesuai dengan kebutuhan kulit kita ya !

For reminder about my skin :

  • Combination Skin to Dry.
  • CUKUP berminyak di area T-Zone, tapi tidak banyak.
  • Kadang terdapat jerawat 1 – 2, ukuran kecil kecil.
  • Belum pernah menggunakan skin care sekalipun. Jadi dari kuliah sampai kerja di Kalimantan pun saya jarang bahkan hampir gak pernah pakai skin care dan sunblock di muka saya, padahal kerja di bawah terik matahari dan terpapar polusi terlalu sering itu efeknya sudah sangat berbahaya. Sehingga di tahun 2016 saya memutuskan ke dokter spesialis kulit untuk memeriksa keadaan kulit muka saya. Hasilnya cukup mengejutkan sih, karena memang saya yang bandel dan tidak maksimal menjaga kulit saya, alhasil sudah keliatan tuh flek-flek hitam kecil dan warna kulitnya sudah belang-belang gak rata, terus jadi makin gampang iritasi merah gitu dan kering kalau dibawah matahari. 😦 Lalu dikasih sunblock dan vitamin C dari dokter, hasilnya cukup memuaskan, tapi gak saya lanjutin lagi (lagi-lagi males ke dokternya ;p)

Nah akhirnya saya bertekad untuk mulai merawat kulit muka saya, ini yang saya gunakan setiap pagi dan malam :

  • Nivea Make Up Remover (kalau lagi pakai make up)

Processed with VSCO with  preset

Untuk make up remover ini, biasanya saya pakai Wardah EyeXpert Make Up Remover, karena udah habis saya coba ke Nivea Eye Make Up Remover ini. Kurang lebih keduanya sama, ada kandungan oil nya sehingga tetap membuat kulit lembab setelah dibersihkan.

  • Nivea Micellair Skin Breathe (kalau tanpa make up)

Processed with VSCO with  preset

Kalau ini biasanya saya pakai kalau lagi gak gunain make up. Ini bagus juga, gak berbau dan bening, seperti air. Setelah pakai ini pasti keliatan banget kapas nya kotor, walaupun saya aktivitas indoor. Produk ini juga dipakai sama suami saya (saya pakein sih hehe ;p) biar kulitnya bersih juga kan, karena dia lebih aktivitas outdoor, kapasnya pun keliatan banget kotornya. hehe ;p

  • Ponds Pink Facial Foam

Nah kalau ini bisa dibeli dimana-mana, hehe. Awalnya pakai ini karena sebelumnya muka kering dan berjerawat parah. Saya ganti sabun muka akhirnya cobain ponds, setelah pakai selama 8 tahun dari 2010, Alhamdulillaah udah cocok banget. hehe ;p

  • Kanebo The First Serum (D – N) & Kanebo Moisture Flow Lotion (D – N)

 

Sebelumnya saya pernah posting kenapa saya akhirnya melakukan skin care dan kenapa pilih produk ini. The First Serum digunakan setelah mencuci muka dengan foam, serum ini bening dan ringan,  gunakan sedikit saja setiap titik muka, diratakan dan di tepuk-tepuk pelan. Setelah itu gunain Moisture Flow Lotion, namanya lotion tapi sifatnya seperti toner — cair, bening, dan aroma bunga yang khas ya. Bisa dioleskan ke kapas, tapi saya sukanya dituang ke tangan sekali tuang lalu dioleskan ke muka dan tepuk-tepuk ringan. Serum dan Lotion ini b berguna untuk mengembalikan kelembaban kulit muka setelah menggunakan sabun. Suka banget dengan ini, karena bikin muka jadi keliatan dan terasa segar 🙂

  • Kanebo Daily Fresh Cream SPF 30++ (kadang pakai yang SPF 15++ kalau tidak terlalu sering di outdoor) (D)

 

Selanjutnya kalau lagi mau aktivitas diluar rumah (dipakai saat pagi), bisa gunakan Fresh Day Cream Light SPF 30 (kalau aktivitas lebih banyak terkena matahari), atau Fresh Day Cream SPF 15 kalau tidak terlalu banyak terkena matahari. Cream ini seperti cream daily muka lainnya, namun terdapat SPF-nya jadi sekaligus jadi sun cream.

Kandungan keduanya sama hanya membedakan SPF saja, jadi bisa disesuaikan dengan kegiatan kita. Teksturnya creamy light-ringan banget, aroma bunga khas jepang, tidak membuat muka keliatan berminyak, tapi tetap lembab. Cepet banget meresap kulitnya.

Efek cream-nya masih tetap terlihat walaupun kita seharian beraktifitas dan terkena air.

Love banget sih 🙂

  • Clinique Eyes Serum (N)

Processed with VSCO with  preset

Produk ini saya pakai kalau tiap malem aja, setelah rangkaian Moisture Flow Lotion. Aplikatornya berupa rolling ball, jadi gampang banget dipakainya cukup di rolling sekitar area bawah mata (kantung mata). Teksturnya seperti air (serum) dan ringan, tidak berbau. Hasilnya sih biasa aja ya, tapi cukup lumayan untuk mengurangi warna hitam dan kerut/kantung dibawah mata.

  • Laneige White Dew Essence (N)

Processed with VSCO with  preset

Selanjutnya saya biasanya gunakan ini produk dari Korea yaitu Laneige White Dew Essence. Ini adalah sampler product (karena mahal, jadi beli murah aja hehehe ;p)

Jadi saya gunain ini di awal perawatan ketika muka saya belang, dan terdapat spot hitam, jadi untuk lebih meratakan warna kulit saya agar cerah lagi maka saya gunakan ini. Saat ini saya sudah gak gunain lagi karena Alhamdulillaah kulit sudah cerah kembali dan berkurang spot hitamnya (karena udah habis juga sih hahaha ;p).

  • Kanebo Night Cream (N)

Processed with VSCO with  preset

Ini yang paling banyak berperan sih sebenarnya, selain yang saya gunain diatas. hehe ;p. Jadi ternyata cream malam itu penting loh guys, karena selama tidur kita tidak makan apalagi minum, jadi kulit pasti terdehidrasi. Bangun bangun jadi gak seger deh kulitnya. Nah akhirnya saya gunain produk dari Kanebo Night Lipid Wear, teksturnya light creamy-ringan banget, beraroma bunga khas jepang yang lembut, bikin nyaman banget untuk digunakan selama tidur. Cukup ambil cream dengan aplikator spoon (agar cream yang masih di wadahnya tidak terkontaminasi dengan kulit tangan), lalu oleskan di kulit muka secara merata, tepuk-tepuk dikit dan tekan dengan lembut menggunakan telapak tangan. Karena teksturnya ringan banget, jadi cepat meresap di kulit, gak bikin berminyak dan aromanya gak ganggu tidur.

Bangun paginya, kulit masih tetap berasa lembab, kekenyalan kulit makin berasa, segar dan mencerahkan kulit juga. Super love kalau ini 🙂

Btw, Moisture Lotion, Fresh Day Cream dan Night Cream dari Kanebo ini sudah saya gunakan selama 6 bulan dan masih banyak banget didalemnya, jadi saya memang pakai secukupnya saja di kulit. Namun hasilnya sudah terlihat banget di bulan ke-2 pemakaian (hasil ini kalau di kulit saya ya).

Diluar rangkaian diatas, saya juga gunain masker untuk perawatan mingguan :

  • Innisfree Mud Musk Super Volcano

Processed with VSCO with  preset

1 – 2x Seminggu, tergantung aktivitas saya selama seminggu. Biasanya kalau sering aktivitas outdoor saya bisa pakai 2 – 3x seminggu. Terkadang saya gunakan musk ini pada area T-Zone saja dan tulang pipi yang memiliki pori-pori cukup besar.  Saya suka banget dengan musk ini terutama kalau lagi jerawatan. Jerawatnya jadi cepat kering dan besoknya kempes ! Hasilnya pun bikin kulit jadi halus, tidak kering, terlihat bersih dan segar. Untuk pengecilan pori-pori efeknya belum terlihat, pori pori saya masih sama aja nih. Tapi pastinya memang terlihat bersih sih dibagian pori-porinya.

Selain penggunaan produk diatas, kita juga harus memperhatikan jenis dan jumlah asupan makanan-minuman kita sehari-hari serta diimbangi dengan olahraga teratur.

Untuk makanan-minuman, hindari konsumsi berlebihan makanan berminyak dan minuman bersoda. Perbanyak makan buah dan sayur-sayuran karena dapat mempengaruhi ke kesehatan kulit kita dari dalam tubuh.

Olahraga yang teratur dapat memperlancar aliran darah kita terutama pada daerah kulit muka agar terlihat berseri tidak pucat. Kulit muka yang terlihat pucat dikarenakan kurangnya aliran darah yang mengalir di area kulit muka kita. Biasanya selain olahraga dapat ditambahkan dengan perawatan face massage.

Nah dengan memperhatikan makanan-minuman yang dikonsumsi serta olahraga yang teratur, tidak hanya mempengaruhi kulit muka saja tetapi juga seluruh organ dan fungsional pada tubuh kita. Dengan tubuh yang sehat serta didukung perawatan yang baik akan menghasilkan kondisi tubuh kita terlihat lebih muda ! hehehe ;p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s