Cabut Gigi Impaksi

Menurut Wikipedia,Impaksi gigi adalah terhambatnya proses erupsigigi secara menyeluruh atau sebagian. Menurut Peterson, impaksi gigi adalah terhalangnya jalan erupsi gigi yang normal oleh gigi didekatnya atau oleh jaringan patologis. Biasanya terdapat pada gigi bungsu geraham, ada di bagian ujung dalam susunan gigi (kiri-kanan-atas-bawah).

Awalnya saya tidak mengira sudah mempunyai gigi yang telah ter-impaksi. Sekitar tahun 2012-an saya sempat menggunakan behel selama 1 tahun, gigi saya alhamdulillaah dalam keadaan baik hanya saja susunannya agak mundur, namun-mungkin karena saya tergoda dengan harga yang murah di suatu klinik gigi, saya tidak dirujuk untuk melakukan foto rontgen panoramic. Dulu saya juga tidak tau akan kegunaan/kewajiban foto tersebut.

Hingga akhirnya setelah 1 tahun penggunaan behel, terjadilah insiden rahang saya berbunyi “KLIK” dan susah ditutup, itu rasanya sakiiiiiit, nyeri, pusiiiing. Gak tau kenapa tiba-tiba saat lagi makan gak bisa ketutup mulutnya dan harus dipaksakan. Huhu 😦

Setelah behel dilepas, saya abaikan bertahun-tahun masalah rahang saya. Akhirnya karena merasa sudah gak nyaman baru deh saya sempat dicek ke dokter ahli rahang, tepatnya ada di blog saya disini Ketika mengalami gangguan sendi rahang

Dari blog saya sebelumnya udah ada penjelasan yah penyebab rahang saya bisa seperti itu. Nah, pada tahun 2018 kemarin akhirnya saya memberanikan diri untuk pencabutan gigi impaksi di RSPI Bintaro. Saat di rontgen, ternyata gigi impaksi-nya telah berubah posisinya dibanding saat rontgen pertama kali di dokter ahli rahang. Gigi yang impaksi makin miring dan terlihat sudah cukup dalam. Kemudian saya dijadwalkan operasi kecil untuk gigi impaksi bagian kanan atas-bawah terlebih dahulu.

Pencabutan gigi impaksi kanan atas berjalan dengan mulus dan lancar, menggunakan bius lokal. Selanjutnya, baru deh pencabutan gigi impaksi kanan bawah dimulai dengan bius lokal juga. Ketika dokter sudah ingin mencapai pencabutan, ternyata rasa ngilu hebat menerjang gigi saya itu. Huhuhu, dokter berusaha untuk melakukan beberapa prosedur namun gigi saya tidak berhasil dicabut, dan dokter memutuskan untuk bius total. Karena indikasinya gigi kanan bawah itu sudah terkena syaraf.

Aaaaah bius total berarti diruang operasi 😦

Saya harus menunggu sekitar 1 bulan untuk proses operasi bius total, karena menunggu yang kanan atas agar lumayan pulih.

Setelah pencabutan pertama ini, pipi kanan lumayan bengkak dan makan-minum harus extra hati-hati.

Pencabutan ke-2

Setelah dijadwalkan kembali, tiba waktunya untuk operasi dengan bius total. Yak, diruang operasi guys, dingiiin, dan deg-degan bangeet. Sampai akhirnya saya terbius dan terbangun sekitar 2 jam kemudian dan sudah diruang pemulihan.

Mata masih ‘kriyep-kriyep’ merem-melek berusaha sadar, karena efek obat bius masih ada. Lalu saya merasakan sakit di tenggorokan dan nyeri di bagian kanan. Saat sepenuhnya sadar, akhirnya dokter menemui saya dan menjelaskan semuanya.

Ternyata gigi saya yang dicabut ini sudah sangat dalam dan akarnya memang telah mengenai bagian syaraf, dokter harus hati-hati karena posisi di dalam mulut, jadi mulut saya dibuka terus-menerus dengan alat, sehingga ada sedikit lecet dibagian bibir dan tenggorokan terasa sakit karena kering. Dokter menyarankan kembali untuk pencabutan disebelah kiri nanti tunggu sekitar 6 bulan lebih menunggu proses pemulihan yang kanan secara sempurna, dan agar foto rontgen dapat terlihat jelas. Kemungkinan ada indikasi juga untuk dilakukan pencabutan dengan bius total.

hmmm…..

Yaudah deh Dok, yang penting saya sehat dan lancar semuanya.

Setelah semua operasi selesai, saya diperbolehkan pulang. Besoknya, pipi kanan saya terlihat bengkak bahkan lebih bengkak dari pencabutan pertama. Hahahaha pakai masker deh ke kantor. Saking bengkaknya pipi seperti berasa ditarik 😀

Bengkak ini reaksi yang wajar ya guys setelah pencabutan gigi, tergantung dari bagaimana indikasi awal gigi tersebut. Kalau giginya masih mudah dicabut dan tidak ada masalah serius, bengkaknya akan kecil kok. Bahkan ada yang tidak terlihat bengkak saking kecilnya. Paling bengkak di gusi aja.

Nah, karena saya masalah giginya sudah cukup serius, bengkaknya lumayaaaan banget ya guys. Hahahaa mungkin sekitar 2 minggu baru bengkak kempes dan pipi kembali sempurna. Dan sekitar setelah 3 mingguan dapat makan secara normal lagi.

Tinggal menunggu pencabutan sebelah kiri deh. Awalnya pingin juga sih sekaligus 4 gigi, tapi mikir gimana nanti saat makan, dan bengkaknya bisa kiri-kanan; Alhasil cabut sebelah aja dulu deh.

Oia, FYI pencabutan gigi impaksi ini bisa melalui proses BPJS juga loh, tapi setau saya ada proses dan alurnya, serta ngikutin rumah sakit yang ditunjuk. Kalau dengan BPJS pasti gratis guys, (seharusnya ya). Sudah banyak info di internet mengenai cabut gigi dengan BPJS, bisa di cek ya guys.

Next, tunggu nanti review pencabutan sebelah kiri ya 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s