Perpanjangan SIM

Gak berasa sudah 5 tahun sejak punya SIM pertama, wiiiih, umur bertambah yak haha… Saatnya perpanjangan SIM sebelum terlambat.

Karena masa berlaku SIM akan segera expired, saya memutuskan untuk langsung mencari SIM Keliling terdekat dengan kantor saya agar mudah dijangkau lokasinya. Hehe

Jadi kenapa saya memilih untuk SIM Keliling saja, karena dari yang saya baca-baca referensi orang, sepertinya lebih cepat dan efisien ya kalau di SIM Keliling atau gerai SIM yang ada di mall-mall. Nah karena sekarang sudah ada system SIM Online dan E-KTP, perpanjangan SIM menjadi lebih mudah.

Kebetulan domisili KTP saya bukan di Tang-Sel, tapi saya masih bisa perpanjangan di Tang-Sel. Yang penting KTP sudah E-KTP jadi akan langsung terbaca oleh sistem.

Saya perpanjangan di hari Rabu, saya memutuskan perpanjang SIM di ITC BSD dan datang lebih pagi sekitar jam 8 pagi agar tidak antri, jadi masih bisa ngantor setelahnya. Sampai di ITC BSD, ternyata setiap Rabu SIM Keliling berada di Adira Expo Jalan Serpong Raya, Alam Sutera. Langsung-lah saya menuju kesana hawatir sepertinya sudah ramai disana.

Sesampai disana, ternyata sedikit saja terlihat beberapa orang yang berdiri, sepertinya menunggu giliran. Jadi ada beberapa dokumen yang perlu disiapkan untuk perpanjangan SIM :

  • SIM lama
  • 2 lembar Fotocopy KTP sesuai alamat di SIM
  • Karena saya pindah alamat jadi saya siapkan 2 lembar fotocopy KTP dengan alamat terbaru.

Lebih baik persiapkan semua dokumen sebelum menuju lokasi ya, karena di lokasi tidak menyediakan tempat/alat fotocopy, dan akan wasting time lagi kalau mencari tempat fotocopy.

Mobil SIM Keliling
Mobil SIM Keliling

Setelah semua dokumen lengkap, sampai disana terdapat beberapa tahapan loket :

  1. Pendaftaran

Mengajukan formulir, memberikan 1 lembar fotocopy KTP dan SIM lama. Kemudian kita mengisi formulir tersebut sesuai arahan petugas.

  1. Pemeriksaan Kesehatan

Diperiksan kesehatan mata, dan tinggi-berat badan. Petugas juga meminta 1 lembar fotocopy KTP dan kita dikasih formulir pemeriksaan kesehatan agar diberikan ke petugas loket selanjutnya bersamaan formulir pendaftaran.

  1. Penyerahan Formulir dan pengecekan data

Disini menyerahkan semua formulir tadi ke petugas disana. Setelah itu tinggal tunggu nama dipanggil deh. Saat nama dipanggil, saya masuk untuk di interview sebentar agar data sesuai dan tidak ada kesalahan cetak, lalu diambil foto dan sekaligus melakukan pembayaran. Selanjutnya tinggal nunggu dipanggil lagi untuk ambil SIM baru.

  1. Pengambilan SIM

Akhirnya jadi juga SIM baru saya hihihi

 

1.jpg
Selesaaai

Nah setelah mengikuti proses semua, ternyata tidak lebih dari 15 menit looh semua sudah selesai dengan lancar. Mungkin karena saat itu tidak banyak antrian ya. Tapi okelah untuk petugas yang cepat sehingga saya masih bisa balik lagi ke kantor. Hehe 🙂

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s